Millis Beasiswa

Beberapa minggu ini termotivasi untuk melanjutkan study master di Luar Negeri setelah bergabung dengan millis beasiswa…:). Ternyata banyak juga mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studynya mengambil master atau Phd melalui berbagai scholarship. Banyak scholarship yang ditawarkan untuk negera berkembang, yang diberikan oleh lembaga donor dengan menyediakan beasiswa seperti StuNed, Aminef, Chevening, Erasmus Mundus, DAAD, ADB, ADS,VLIR-UOS,IHDP,Teto, Dikti, Depkominfo maupun beasiswa yang disediakan oleh Universitas sendiri. Mahasiswa Indonesia tersebar di berbagai perguruan tinggi di seluruh dunia, mulai dari Belanda, Jerman, USA, Australia, Jepang, Sweden, dll. Di millis tersebut banyak dibahas tips and trik untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri, mulai dari cara membuat cv, motivation letter, statement of purpouse, GRE. Mungkin hal yang paling utama untuk melanjutkan study yaitu penguasaan bahasa, yaitu Bahasa Inggris. Untuk standarisasi penguasaan dan pemahaman tentang bahasa Inggris sendiri dengan mengambil sertifikat TOEFL atau ELTS. Banyak universitas di luar mensyaratkan nilai TOEFL > 550 atau ELTS > 6.5.

 

Banyak suka-duka yang diceritakan oleh member dari millis tersebut, mulai dari apply beasiswa yang baru mendapat beasiswa setelah mengalami kegagalan belasan kali sampai dengan member yang memang bila dilihat dari sisi akademis biasa-biasa saja. Ternyata mindset saya selama ini mengenai beasiswa, bahwa beasiswa yang diberikan itu hanya untuk orang-orang dengan kemampuan brillian dan IQ sangat tinggi. Ternyata ada hal lain yang lebih penting dari hal itu yaitu : Niat.

Niat yang tulus serta tujuan yang mantap untuk mendapatkan beasiswa bisa menjadi motivasi untuk mendapatkan segala informasi mengenai beasiswa dan mengajukan lamaran beasiswa tersebut. Kesabaran juga sangat diperlukan dalam menunggu informasi beasiswa yang sudah diajukan, disamping itu jangan mudah putus asa dan menyerah dalam mencari beasiswa. Mungkin selama ini kita kurang mendapatkan informasi yang jelas mengenai informasi beasiswa, mulai dari lembaga yang menyediakan, universitas tujuan yang akan dipilih, dll. Insya Allah dengan niat dan tekad yang kuat untuk mendapatkan beasiswa, Allah akan memberikan jalan untuk tujuan kita. Disamping itu tidak lupa untuk selalu berdoa dan memohon jalan yang terbaik.

 

Berikut saya sertakan beberapa link mengenai scholarship dari lembaga donor :

http://neso.nuffic.nl/indonesia/indonesian-students/information-in-english/scholarships/stuned

 

http://vliruos.be/index.php?language=EN&navid=425&direct_to=Scholarships

 

http://jakarta.daad.de/

 

http://www.aminef.or.id/aminef.php

 

http://eacea.ec.europa.eu/static/en/mundus/index.htm

 

http://www.adb.org/JSP/default.asp

 

http://www.adsindonesia.or.id/

http://www.teto.or.id/front.htm

 

http://www.chevening.com/home/

 

http://www.ihdp.unu.edu/article/Resident_Scholar_Programme?menu=126

 

Disamping itu, banyak website yang menyediakan informasi beasiswa seperti :

http://www.millisbeasiswa.com

 

http://www.scholarships.com

 

http://www.pemburubeasiswa.com

 

http://beasiswaindonesia.blogspot.com

 

http://infosekolahgratis.blospot.com

 

http://beasiswaterbaru.wordpress.com

 

http://www.rumahbeasiswa.com

 

http://beasiswaunggulan.diknas.go.id

 

http://www.infobeasiswa.net

 

 

Next target, start TOEFL course and took the PBT or IBT test, get finish my Bachelor, prepare for motivation letter, recomendation letter, statement of purpouse, collect information from indonesian college in my next target uni.

“”Ayah & Ibu, doakan agar cita-cita anakmu ini dapat terwujud. Doamu merupakan restu dan penyemangatku dalam meraih pendidikan yang lebih tinggi.””

*picture taken from : http://www.gilroyrotary.org

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: